Beranda | Artikel
Tanya Jawab Aqidah Islam
Rabu, 19 Oktober 2016

Bismillah.

  1. Apakah ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap kita?

Jawab : Ilmu yang dimaksud adalah mengenal Allah, mengenal nabi-Nya dan mengenal agama Islam dengan dalil. Inilah tiga hal yang akan ditanyakan kepada setiap hamba di dalam kuburnya.

  1. Apakah perintah Allah yang paling agung?

Jawab : Perintah Allah yang paling agung adalah tauhid. Allah berfirman (yang artinya), “Sembahlah Allah dan janganlah kalian mempersekutukan dengan-Nya sesuatu apapun.” (an-Nisaa’ : 36)

  1. Apa yang dimaksud dengan tauhid?

Jawab : Tauhid adalah mengesakan Allah dalam beribadah. Tauhid inilah tujuan penciptaan jin dan manusia. Allah berfirman (yang artinya), “Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (adz-Dzariyat : 56)

  1. Apa hubungan ibadah dengan tauhid?

Jawab : Ibadah tidaklah dikatakan sebagai ibadah yang benar kecuali jika disertai dengan tauhid. Apabila syirik mencampuri suatu ibadah maka ibadah itu menjadi rusak, sebagaimana halnya hadats apabila menimpa pada orang yang telah bersuci.

  1. Apa tujuan diutusnya para rasul?

Jawab : Allah mengutus para rasul untuk mendakwahkan tauhid. Allah berfirman (yang artinya), “Sungguh telah Kami utus kepada setiap umat seorang rasul yang menyerukan; Sembahlah Allah dan jauhilah thaghut.” (an-Nahl : 36)

  1. Apakah Allah menciptakan kita dalam keadaan sia-sia?

Jawab : Allah menciptakan kita dan memberikan rezeki kepada kita, dan Allah tidak meninggalkan kita dalam keadaan sia-sia. Akan tetapi Allah mengutus kepada kita seorang rasul, barangsiapa taat kepadanya akan masuk surga dan barangsiapa durhaka kepadanya masuk neraka.

  1. Apakah jalan hidup Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?

Jawab : Jalan hidup beliau adalah untuk mendakwahkan tauhid. Allah berfirman (yang artinya), “Katakanlah; Inilah jalanku, aku menyeru menuju Allah di atas bashirah/ilmu, inilah jalanku dan orang-orang yang mengikutiku…” (Yusuf : 108)

  1. Apakah sebab-sebab keberuntungan dalam kehidupan ini?

Jawab : Sebab keberuntungan itu ada empat hal; ilmu, amal, dakwah, dan sabar.

  1. Apakah tanda-tanda kebahagiaan?

Jawab : Apabila diberi nikmat bersyukur, apabila ditimpa musibah bersabar, dan apabila berbuat dosa segera beristighfar.

  1. Apakah hak Allah atas hamba?

Jawab : Hak Allah atas hamba adalah hendaknya mereka beribadah kepada-Nya semata dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.

  1. Apakah boleh beribadah kepada selain Allah?

Jawab : Allah tidak ridha dipersekutukan bersama-Nya dalam hal ibadah siapa pun atau apa pun juga, apakah itu malaikat yang dekat dengan Allah atau nabi yang diutus.

  1. Apakah sebab datangnya keamanan dan petunjuk?

Jawab : Sebab keamanan dan petunjuk adalah dengan membersihkan tauhid dari syirik.

  1. Siapa Rabbmu?

Jawab : Rabbku adalah Allah, Dia lah yang memelihara dan menjagaku serta memelihara seluruh alam dengan nikmat-Nya. Dia lah sesembahanku, tidak ada bagiku sesembahan selain-Nya.

  1. Apa yang dimaksud dengan Islam?

Jawab : Islam adalah beserah diri kepada Allah dengan tauhid, tunduk kepada-Nya dengan penuh ketaatan, dan berlepas diri dari syirik dan pelakunya.

  1. Apa makna laa ilaha illallah?

Jawab : Tidak ada yang berhak disembah selain Allah.

  1. Apa hukum menujukan ibadah kepada selain Allah?

Jawab : Menujukan ibadah kepada selain Allah termasuk syirik dan kekafiran.

  1. Apa yang dimaksud dengan syirik?

Jawab : Syirik adalah menujukan ibadah atau doa kepada selain Allah di samping berdoa atau beribadah kepada Allah. Dia melakukan ibadah kepada Allah dan juga kepada selain-Nya.

  1. Apa bahaya dosa syirik?

Jawab : Allah tidak mengampuni dosa syirik bagi orang yang meninggal dalam keadaan belum bertaubat dari syirik akbar. Pelakunya kekal dihukum di neraka dan semua amalnya terhapus.

  1. Apa konsekuensi syahadat Muhammad rasulullah?

Jawab : Membenarkan berita yang beliau sampaikan, menaati perintahnya, menjauhi apa-apa yang beliau larang, dan beribadah kepada Allah hanya dengan syari’atnya.

  1. Apa yang dimaksud dengan merealisasikan tauhid?

Jawab : Membersihkannya dari syirik, bid’ah, dan maksiat

  1. Apa keutamaan orang yang merealisasikan tauhid?

Jawab : Pelakunya akan masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab.

  1. Sabar ada berapa macam?

Jawab : Sabar ada tiga; sabar dalam ketaatan, sabar dalam menjauhi maksiat, dan sabar dalam menghadapi takdir yang terasa menyakitkan (musibah).

  1. Apa yang dimaksud dengan ibadah?

Jawab : Ibadah adalah segala sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah berupa ucapan dan perbuatan, yang tampak maupun yang tersembunyi.

  1. Apa syarat diterimanya ibadah?

Jawab : Ikhlas dan sesuai tuntunan Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam.

  1. Apa yang dimaksud ikhlas?

Jawab : Melakukan suatu ibadah atau amal karena Allah semata dan tidak ditujukan kepada selain Allah, bersih dari riya’ dan syirik.

  1. Apa yang dimaksud iman?

Jawab : Pembenaran di dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan anggota badan. Iman bertambah karena ketaatan dan berkurang karena kemaksiatan.

  1. Apakah pilar-pilar ibadah hati?

Jawab : Takut, harap, dan cinta.

  1. Apakah simpul keimanan yang paling kuat?

Jawab : Cinta dan benci karena Allah.

  1. Apakah dosa besar yang paling besar?

Jawab : Syirik.

  1. Apakah amal yang paling utama?

Jawab : Iman kepada Allah dan rasul-Nya.

  1. Apakah materi dakwah yang paling penting?

Jawab : Tauhid.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/tanya-jawab-aqidah-islam/